10 Alasan Jokowi Kenapa BBM Bersubsidi Harus Naik, alasan bbm naik, kenapa bbm naik, alasan jikowi bbm naik, bbm naik, harga bbm naik, bbm naik hingga rp 8500

Up2det.NET, 10 Alasan Jokowi Kenapa BBM Bersubsidi Harus Naik – Presiden Joko Widodo kini sudah memantapkan hatinya untuk menaikan harga BBM Bersubsidi. Seperti yang sudah disebutkan oleh Managing Director Katadata Ade Wahyudi, bahwa setidaknya ada 10 alasan kenapa pemerintah menaikan harga BBM, bagaimana penasaran dengan apa saja 10 alasan tersebut? Simak ulasannya dibawah ini.

  1. Indonesia adalah salah satu negara yang sangat boros dalam mengalokasikan dana subsidi untuk energi di Asia. Selain itu, anggaran subsidi energi yang ada di Indonesia hanya 3 persen saja dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Indonesia juga berada pada urutan sesudah Pakistan dan Bangladesh” Ucapnya.

  1. kemudian BBM Bersubsidi tersebut menyebabkan asupan dan impor melonjak, hingga pada akhirnya menyebabkan defisit perdagangan migas dan neraca pembayaran. “Defisit tersebut membuat nilai tukar rupiah menjadi terpukul” katanya.
  2. selanjutnya, Rp 210 Triliun atau sekitar 53 persen dari total subsidi hanya dinikmati oleh pengguna mobil pribadi. “Sedangkan angkutan umum hanya kebagian 3 persen saja”, ucap dia.
  3. kata dia, Indonesia tersebut sudah bukan menjadi negara yang kaya akan minyak bumi. Selain itu cadangan minyak nasional tersebut hanya 3,7 miliar barel, itu pada tahun 2013. Nah, jika produksi tersebut 800 ribu barel perhari, maka cadangan tersebut akan lenyap dalam 12 tahun.
  4. Tanah Air telah dijadikan importir minyak sejak tahun 2013 karena produksi menurun, sementara pemakai kini jumlahnya terus meningkat.
  5. seperti yang sudah kita ketahui bahwa pemakaian subsidi BBM tersebut sudah ditinggal oleh bayak negara.
  6. Negara-negara yang memiliki kekayaan minyak seperti Iran juga memiliki rencana untuk menaikan harga BBM dengan cara bertahap sesuai perkembangan pasar.
  7. Anggaran yang dialoksikan untuk subsidi sangatlah timpang dengan anggaran yang ditujukan untuk infrastruktur, kesehatan serta membasmi kemiskinan.
  8. selain itu laba dari sektor migas tersebut masih belum sampai untuk menutup ongkos dari subsidi energi.
  9. alasan yang terakhir ini yaitu , harga BBM yang tetap murah akan menghambat tumbuhnya energi alternatif yang ada di Tanah Air.

“BBM murah tersebut mampu melambatkan tumbuhnya energi alternatif diantaranya ialah panas bumi, gas alam dan bio energi” tutupnya

alasan bbm naik,kenapa bbm naik,kenapa harga bbm naik,mengapa harga bbm naik,Penyebab harga bbm naik,penyebab bbm naik,alasan harga bbm naik,mengapa bbm naik,bbm naik,harga bbm dinaikkanalasan
10 Alasan Jokowi Kenapa BBM Bersubsidi Harus Naik



Artikel Menarik Lainya

loading...

4 thoughts on “10 Alasan Jokowi Kenapa BBM Bersubsidi Harus Naik

    • June 14, 2016 at 8:13 am
      Permalink

      Terima kasih gan

      Reply
  • May 14, 2016 at 9:56 pm
    Permalink

    Kasihanilah rakyat kecil,fikirkan lah rakyat yang kurang mampu.!! sekarang berpendidikan sangatlah perlu. Tapi jika tidak mempunyai biyaya percuma saja!

    Reply
  • January 8, 2017 at 1:44 pm
    Permalink

    Alasan pemerintahan sebelum nya krn minyak dunia naik, pertamina merugi bla bla bla dan skrg alasan impor terlalu tinggi krn pemakaian yg sangat besar. Kenapa tdk pangkas dr akar masalah nya? Ya jumlah kendaraan yg terlalu padat. Kenapa tdk membatasi jumlah peredaran kendaraan? Kalau mungkin sulit, kenapa setiap kendaraan tdk di terapkan batas penggunaan bbm tiap hari nya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *